Home

Senin, 04 Februari 2013

Konsep Dasar Biologi Untuk SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Satuan Pendidikan      :   Sekolah Dasar
                                    Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Kelas  / Semester         :   V (Lima) / I (Satu)
                                    Hari / Tanggal             :   Kamis / 22 Nopember 2012
                                    Alokasi Waktu            :   2  35 menit (1 pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
B.     Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
a.       Menjelaskan pengertian bernapas
b.      Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia.
c.       Menyebutkan fungsi alat pernapasan pada manusia.
d.      Menjelaskan proses pernapasan pada manusia.
e.       Membuktikan adanya gas karbondioksida dan uap air dalam proses ekspirasi pada manusia.
D.    Tujuan Pembelajaran
a.       Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian bernapas dengan benar.
b.      Melalui  pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dengan benar.
c.       Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan fungsi alat pernapasan pada manusia dengan benar.
d.      Melalui demonstrasi dan bermain peran, siswa dapat menjelaskan proses pernapasan pada manusia dengan benar.
e.       Melalui percobaan, siswa dapat membuktikan adanya gas karbon dioksida dan uap air dalam proses ekspirasi pada manusia.
Karakter siswa yang diharapkan :
a.       Disiplin
b.      Tanggung jawab
c.       Objektif
d.      Rasa hormat
E.     Materi Ajar
Pengertian bernapas adalah menghirup dan menghembuskan udara.
Alat pernapasan pada manusia, meliputi :
1.      Hidung
2.      Tenggorokan
3.      Paru-paru
Fungsi alat pernapasan pada manusia :
1.      Hidung :
a.       Lubang hidung berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara.
b.      Rongga hidung berfungsi menyaring udara yang masuk agar bebas dari debu dan kotoran.
2.      Tenggorokan berfungsi sebagai tempat lewatnya udara pernapasan dan menyaring kotoran yang dapat masih lolos ke tenggorokan.
3.      Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida.
Proses pernapasan pada manusia :
Udara masuk melalui hidung, di dalam rongga hidung udara disaring agar bebas dari debu dan kotoran lalu udara masuk ke tenggorokan, di dalam tenggorokan udara disaring kembali kemudian udara masuk ke paru-paru, di dalam paru-paru terdapat alveolus, di alveolus  terjadi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Kemudian gas karbon dioksida tersebut keluar bersamaan dengan uap air melalui tenggorokan dan hidung pada saat ekspirasi.
F.     Metode Pembelajaran
a.       Tanya Jawab
b.      Demonstrasi
c.       Bermain Peran
d.      Percobaan
e.       Diskusi
G.      Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a.       Mengkondisikan siswa untuk siap belajar dengan cara membimbing siswa untuk merapikan tempat duduk, berdo’a, dan mengabsen kehadiran siswa.
b.      Bertanya kepada siswa mengenai materi di kelas sebelumnya tentang ciri-ciri makhluk hidup.
c.       Menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.      Menyampaikan cakupan materi meliputi pengertian bernapas, alat-alat, fungsi, dan proses pernapasan pada manusia.
2.      Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksporasi, siswa :
a.       Bersama-sama mempraktikkan menghirup dan menghembuskan udara dengan bimbingan guru.
b.      Mengemukakan pendapat dari kegiatan praktik yang sudah dilakukan.
c.       Mengemukakan pendapat mengenai alat-alat yang digunakan saat bernapas.
d.      Menunjukkan alat-alat yang digunakan untuk bernapas dengan bantuan media torso.
e.       Menyebutkan fungsi alat pernapasan pada manusia.
f.       Mengemukakan pendapat tentang jalan masuknya udara dengan media torso.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
a.       Mengamati proses pernapasan yang didemonstrasikan oleh guru melalui alat peraga.
b.      Mengulang kembali percobaan yang telah didemonstrasikan oleh guru.
c.       Mengemukakan pendapat dari hasil demonstrasi yang telah dilakukan dengan bimbingan guru.
d.      Bermain peran mengenai proses pernapasan pada manusia dengan bimbingan guru.
e.       Mengemukakan pendapat mengenai kegiatan bermain peran yang telah dilakukan.
f.       Dibagi ke dalam beberapa kelompok dan tiap kelompok diberikan LKS.
g.      Siswa melaporkan hasil percobaan yang telah dilakukan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
a.       Membahas LKS yang telah dikerjakan dan menyamakan konsep siswa yang masih keliru.
b.      Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
c.       Memberikan motivasi kepada siswa.
3.      Kegiatan Penutup ( 15 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Memberikan evaluasi berupa soal-soal yang harus dikerjakan siswa secara individu.
c.       Memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
d.      Menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya mengenai gangguan alat pernapasan pada manusia.
e.       Menutup pelajaran.
H.    Alat / Media dan Sumber Belajar
1.      Alat / Media :
a.       Torso
b.      Gelas
c.       Sedotan
d.      Air kapur
e.       Cermin
f.       Toples plastik
g.      Karet gelang
h.      Balon
i.        Plastik
j.        Papan tulis
k.      Spidol
l.        Tali rapia
m.    LKS
n.      Lembar evaluasi
o.      Papan nama
p.      Benang kasur
q.      Kertas HVS
2.      Sumber Belajar :
a.       Buku paket Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V, Penerbit Erlangga.
b.      Buku paket Dunia IPA 5A Sekolah Dasar Kelas 5 SD, penerbit Yudhistira.
I.       Penilaian
Prosedur Penilaian : Proses dan Post-Tes
Jenis Penilaian        : Tertulis
Bentuk Penilaian    : Soal pilihan ganda dan essay
Alat Penilaian         : 1.  Lembar Kerja Siswa (LKS)
2.      Lembar Soal evaluasi
3.      Kunci Jawaban
4.      Kriteria Penilaian


Mengetahui
Guru Kelas V,



.
NIP.
Tasikmalaya,   Nopember 2012
Praktikan,



Eli Siti Halimah
NIM. 100

1 komentar:

  1. makasih Bro, saya sedang mencari RPP untuk SD kelas vi, mohon info lebih lanjut jika ada yang paling baru ya, makasiuh

    BalasHapus