RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V (Lima) / I (Satu)
Hari
/ Tanggal : Kamis / 22 Nopember
2012
Alokasi
Waktu : 2
35 menit (1
pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
B.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
fungsi organ pernapasan manusia.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Menjelaskan pengertian bernapas
b. Mengidentifikasi
alat pernapasan pada manusia.
c. Menyebutkan fungsi alat pernapasan pada manusia.
d.
Menjelaskan proses
pernapasan pada manusia.
e.
Membuktikan adanya
gas karbondioksida dan uap air dalam proses ekspirasi pada manusia.
D.
Tujuan
Pembelajaran
a. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian
bernapas dengan benar.
b. Melalui pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi alat
pernapasan pada manusia dengan benar.
c. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan fungsi alat
pernapasan pada manusia dengan benar.
d.
Melalui demonstrasi dan bermain peran,
siswa dapat menjelaskan
proses pernapasan pada manusia dengan benar.
e. Melalui percobaan, siswa dapat membuktikan adanya gas
karbon dioksida dan uap air dalam proses ekspirasi pada manusia.
Karakter
siswa yang diharapkan :
a. Disiplin
b.
Tanggung jawab
c.
Objektif
d.
Rasa hormat
E.
Materi
Ajar
Pengertian bernapas adalah menghirup dan menghembuskan
udara.
Alat pernapasan pada manusia,
meliputi :
1.
Hidung
2.
Tenggorokan
3.
Paru-paru
Fungsi alat pernapasan pada manusia :
1.
Hidung
:
a.
Lubang
hidung berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara.
b.
Rongga
hidung berfungsi menyaring udara yang masuk agar bebas dari debu dan kotoran.
2.
Tenggorokan
berfungsi sebagai tempat lewatnya udara pernapasan dan menyaring kotoran yang
dapat masih lolos ke tenggorokan.
3.
Paru-paru
berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida.
Proses pernapasan pada manusia :
Udara masuk melalui hidung, di dalam rongga hidung udara disaring agar
bebas dari debu dan kotoran lalu udara masuk ke tenggorokan, di dalam
tenggorokan udara disaring kembali kemudian udara masuk ke paru-paru, di dalam
paru-paru terdapat alveolus, di alveolus terjadi pertukaran gas oksigen dan
karbondioksida. Kemudian gas karbon dioksida tersebut keluar bersamaan dengan
uap air melalui tenggorokan dan hidung pada saat ekspirasi.
F. Metode Pembelajaran
a.
Tanya Jawab
b.
Demonstrasi
c.
Bermain Peran
d.
Percobaan
e.
Diskusi
G.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
Dalam
kegiatan pendahuluan, guru:
a.
Mengkondisikan
siswa untuk siap belajar dengan cara membimbing siswa untuk merapikan tempat
duduk, berdo’a, dan mengabsen kehadiran siswa.
b.
Bertanya kepada siswa
mengenai materi di kelas sebelumnya tentang ciri-ciri makhluk hidup.
c.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
d.
Menyampaikan cakupan
materi meliputi pengertian
bernapas, alat-alat, fungsi, dan proses pernapasan pada manusia.
2.
Kegiatan
Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksporasi, siswa :
a. Bersama-sama
mempraktikkan menghirup dan menghembuskan udara dengan bimbingan guru.
b. Mengemukakan
pendapat dari kegiatan praktik
yang sudah dilakukan.
c.
Mengemukakan pendapat
mengenai alat-alat yang digunakan saat bernapas.
d.
Menunjukkan alat-alat
yang digunakan untuk bernapas dengan bantuan media torso.
e.
Menyebutkan fungsi
alat pernapasan pada manusia.
f.
Mengemukakan pendapat
tentang jalan masuknya udara dengan media torso.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa :
a. Mengamati
proses pernapasan yang didemonstrasikan oleh guru melalui alat peraga.
b.
Mengulang kembali percobaan yang telah
didemonstrasikan oleh guru.
c.
Mengemukakan pendapat
dari hasil demonstrasi yang telah dilakukan dengan bimbingan guru.
d.
Bermain peran
mengenai proses pernapasan pada manusia dengan bimbingan guru.
e.
Mengemukakan pendapat
mengenai kegiatan bermain peran yang telah dilakukan.
f.
Dibagi ke dalam
beberapa kelompok dan tiap kelompok diberikan LKS.
g.
Siswa melaporkan hasil
percobaan yang telah dilakukan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
a. Membahas
LKS yang telah dikerjakan dan menyamakan konsep siswa yang masih keliru.
b.
Melakukan tanya jawab
dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
c.
Memberikan motivasi
kepada siswa.
3.
Kegiatan
Penutup ( 15 menit )
Dalam
kegiatan penutup, guru:
a. Bersama
siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.
Memberikan evaluasi
berupa soal-soal yang harus dikerjakan siswa secara individu.
c.
Memberikan tindak
lanjut berupa pekerjaan rumah.
d.
Menyampaikan materi
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya mengenai gangguan alat pernapasan pada
manusia.
e.
Menutup pelajaran.
H.
Alat
/ Media dan Sumber Belajar
1. Alat
/ Media :
a. Torso
b. Gelas
c. Sedotan
d. Air
kapur
e. Cermin
f. Toples
plastik
g. Karet gelang
h. Balon
i.
Plastik
j.
Papan tulis
k. Spidol
l.
Tali rapia
m. LKS
n. Lembar
evaluasi
o. Papan nama
p. Benang kasur
q. Kertas HVS
2. Sumber
Belajar :
a. Buku
paket Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V, Penerbit Erlangga.
b. Buku
paket Dunia IPA 5A Sekolah Dasar Kelas 5 SD, penerbit Yudhistira.
I. Penilaian
Prosedur
Penilaian : Proses dan Post-Tes
Jenis
Penilaian : Tertulis
Bentuk
Penilaian : Soal pilihan ganda dan
essay
Alat Penilaian :
1. Lembar Kerja Siswa (LKS)
2.
Lembar Soal evaluasi
3.
Kunci Jawaban
4.
Kriteria Penilaian
Mengetahui
Guru Kelas V,
.
NIP.
|
Tasikmalaya, Nopember 2012
Praktikan,
Eli Siti Halimah
NIM. 100
|
makasih Bro, saya sedang mencari RPP untuk SD kelas vi, mohon info lebih lanjut jika ada yang paling baru ya, makasiuh
BalasHapus