Home

Senin, 04 Februari 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Kelas IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Satuan Pendidikan      :   Sekolah Dasar
                                    Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Kelas  / Semester         :   IV (Empat) / I (Satu)
                                    Hari / Tanggal             :   Senin / 17 Desember 2012
                                    Alokasi Waktu            :   2  35 menit (1 Pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya.
B.     Kompetensi Dasar
a.       Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
b.      Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
a.       Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
b.      Menjelaskan pengertian herbivora, karnivora, dan omnivora.
c.       Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk herbivora, karnivora, dan omnivora.
d.      Menyebutkan ciri-ciri hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.
D.    Tujuan Pembelajaran
a.       Melalui percobaan, siswa dapat mengidentifikasi jenis makanan hewan dengan benar.
b.      Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan pengertian herbivora, karnivora, dan omnivora dengan benar.
c.       Melalui  percobaan, siswa dapat menggolongkan hewan yang termasuk herbivora, karnivora, dan omnivora dengan benar.
d.      Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri hewan herbivora, karnivora, dan omnivora dengan benar.
 Karakter siswa yang diharapkan :
a.       Disiplin
b.      Tanggung jawab
c.       Objektif
d.      Rasa hormat
E.     Materi Ajar
1.      Sumber-sumber makanan hewan
a.       Sumber makanan dari tumbuhan
b.      Sumber makanan dari hewan
2.      Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan beserta cirri-cirinya
a.       Herbivora, adalah hewan pemakan tumbuhan. Contoh : sapi, kuda, kambing, kuda.
Ciri-ciri : memiliki ciri pada susunan giginya yaitu terdapat gigi geraham untuk mengunyah dan dan gigi seri untuk memotong dan mencabut daun.
b.      Karnivora, adalah hewan pemakan daging. Contoh : harimau, singa, hiu.
Ciri-ciri : memiliki cakar yang tajam, memiliki gigi taring yang tajam, dan kemampuan lari yang cepat. Karnivora yang dapat terbang, biasanya, memiliki cakar yang kuat dan tajam, paruh yang melengkung dan tajam, serta penglihatan yang tajam. Karnivora yang hidup di air memiliki ciri gigi yang tajam dan kemampuan berenang yang sangat cepat.
c.       Omnivora, adalah hewan pemakan daging dan tumbuhan. Contoh : tikus, babi.
Ciri-ciri : memiliki organ pencernaan yang dapat digunakan untuk memakan makanan yang bersumber dari tumbuhan dan hewan. Susunan gigi terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Ketiga jenis gigi tersebut berkembang dengan baik karena disesuaikan dengan jenis makanannya.

F.     Metode Pembelajaran
a.       Tanya Jawab
b.      Percobaan
c.       Diskusi
G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru :
a.       Mengkondisikan siswa untuk siap belajar dengan cara membimbing siswa untuk merapikan tempat duduk, berdo’a, dan mengabsen kehadiran siswa.
b.      Bertanya kepada siswa mengenai hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggal siswa.
c.       Menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.      Menyampaikan cakupan materi meliputi jenis-jenis makanan hewan, pengertian dan penggolongan hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.
2.      Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, siswa :
a.       Menceritakan hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya.
b.      Menyebutkan jenis makanan yang dimakan oleh hewan di sekitarnya.
c.       Mengemukakan pendapat terhadap gambar hewan yang ditunjukkan guru.
d.      Mengemukakan pendapat mengenai pengertian herbivora, karnivora, dan omnivira.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
a.       Dibagi ke dalam beberapa kelompok dan tiap kelompok diberikan LKS dan papan labirin oleh guru.
b.      Mengidentifikasi jenis makanan hewan dengan bermain papan labirin.
c.       Melaporkan hasil percobaan pada papan labirin yang telah dilakukan.
d.      Diberi beberapa kartu bergambar hewan oleh guru.
e.       Menggolongkan  hewan berdasarkan jenis makanannya sesuai dengan kartu yang diberikan oleh guru.
f.       Melaporkan hasil pengamatan pada kartu yang telah dilakukan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
a.       Membahas LKS yang telah dikerjakan dan menyamakan konsep siswa yang masih keliru.
b.      Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
c.       Memberikan motivasi kepada siswa.
3.      Kegiatan Penutup ( 15 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Memberikan evaluasi berupa soal-soal yang harus dikerjakan siswa secara individu.
c.       Memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
d.      Menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya mengenai daur hidup hewan.
e.       Menutup pelajaran.
H.    Alat / Media dan Sumber Belajar
1.      Alat / Media :
a.       Gambar hewan
b.      Dupleks
c.       Gunting/cutter
d.      Lem
e.       Double tip
f.       Kertas kado
g.      Kertas gabus
h.      Papan tulis
i.        Spidol
j.        Kertas karton
k.      Kain planel
l.        LKS
m.    Lembar evaluasi
2.      Sumber Belajar :
a.       Buku paket Senang Belajar IPA untuk Sekolah Dasar Kelas IV, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.      Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas IV, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
I.       Penilaian
Prosedur Penilaian : Proses dan Post-Tes
Jenis Penilaian       : Tertulis
Bentuk Penilaian    : Soal pilihan ganda dan essay
Alat Penilaian         :   1.   Lembar Kerja Siswa (LKS)
2.Lembar Soal evaluasi
3.      Kunci Jawaban
4.      Kriteria Penilaian


Mengetahui
Dosen Pembimbing,



Drs. Asep Saepulrohman, M.Pd.
NIP. 196109091985031006
Tasikmalaya,   Desember 2012
Praktikan,



Kelompok 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar