RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV (Empat) / I (Satu)
Hari
/ Tanggal : Senin / 17 Desember 2012
Alokasi
Waktu : 2 35 menit (1 Pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
Menggolongkan hewan,
berdasarkan jenis makanannya.
B. Kompetensi Dasar
a.
Mengidentifikasi
jenis makanan hewan.
b.
Menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
a. Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
b. Menjelaskan pengertian herbivora, karnivora, dan omnivora.
c. Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk herbivora, karnivora,
dan omnivora.
d. Menyebutkan ciri-ciri hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.
D. Tujuan Pembelajaran
a. Melalui percobaan, siswa dapat mengidentifikasi jenis
makanan hewan dengan benar.
b. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan pengertian herbivora,
karnivora, dan omnivora dengan benar.
c. Melalui percobaan,
siswa dapat menggolongkan hewan yang termasuk herbivora, karnivora, dan omnivora
dengan benar.
d. Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
hewan herbivora, karnivora, dan omnivora dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan :
a. Disiplin
b. Tanggung
jawab
c. Objektif
d. Rasa
hormat
E. Materi Ajar
1.
Sumber-sumber
makanan hewan
a. Sumber
makanan dari tumbuhan
b. Sumber
makanan dari hewan
2.
Penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanan beserta cirri-cirinya
a. Herbivora,
adalah hewan pemakan tumbuhan. Contoh : sapi, kuda, kambing, kuda.
Ciri-ciri : memiliki ciri pada susunan giginya
yaitu terdapat gigi geraham untuk mengunyah dan dan gigi seri untuk memotong
dan mencabut daun.
b. Karnivora,
adalah hewan pemakan daging. Contoh : harimau, singa, hiu.
Ciri-ciri : memiliki cakar yang tajam, memiliki gigi taring
yang tajam, dan kemampuan lari yang cepat. Karnivora yang dapat terbang,
biasanya, memiliki cakar yang kuat dan tajam, paruh yang melengkung dan tajam,
serta penglihatan yang tajam. Karnivora yang hidup di air memiliki ciri gigi
yang tajam dan kemampuan berenang yang sangat cepat.
c. Omnivora,
adalah hewan pemakan daging dan tumbuhan. Contoh : tikus, babi.
Ciri-ciri : memiliki organ pencernaan yang dapat
digunakan untuk memakan makanan yang bersumber dari tumbuhan dan hewan. Susunan
gigi terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Ketiga jenis gigi
tersebut berkembang dengan baik karena disesuaikan dengan jenis makanannya.
F. Metode Pembelajaran
a.
Tanya Jawab
b.
Percobaan
c.
Diskusi
G.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru :
a.
Mengkondisikan
siswa untuk siap belajar dengan cara membimbing siswa untuk merapikan tempat
duduk, berdo’a, dan mengabsen kehadiran siswa.
b.
Bertanya kepada siswa
mengenai hewan-hewan yang ada di sekitar
tempat tinggal siswa.
c.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
d.
Menyampaikan cakupan
materi meliputi jenis-jenis
makanan hewan, pengertian dan penggolongan hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.
2.
Kegiatan
Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, siswa :
a. Menceritakan hewan-hewan yang ada di sekitar tempat
tinggalnya.
b. Menyebutkan jenis makanan yang dimakan oleh hewan di
sekitarnya.
c. Mengemukakan
pendapat terhadap gambar hewan yang ditunjukkan guru.
d. Mengemukakan pendapat mengenai pengertian herbivora, karnivora,
dan omnivira.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
a. Dibagi ke dalam beberapa kelompok dan tiap kelompok
diberikan LKS dan papan labirin oleh guru.
b. Mengidentifikasi jenis makanan hewan dengan bermain papan
labirin.
c. Melaporkan hasil percobaan pada papan labirin yang telah
dilakukan.
d. Diberi beberapa kartu bergambar hewan oleh guru.
e. Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya sesuai dengan kartu yang diberikan
oleh guru.
f. Melaporkan hasil pengamatan pada kartu yang telah
dilakukan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
a. Membahas
LKS yang telah dikerjakan dan menyamakan konsep siswa yang masih keliru.
b. Melakukan
tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
c. Memberikan
motivasi kepada siswa.
3.
Kegiatan
Penutup ( 15 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. Bersama
siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b. Memberikan
evaluasi berupa soal-soal yang harus dikerjakan siswa secara individu.
c. Memberikan
tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
d. Menyampaikan
materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya mengenai daur hidup hewan.
e.
Menutup pelajaran.
H. Alat / Media dan Sumber
Belajar
1. Alat
/ Media :
a. Gambar hewan
b. Dupleks
c. Gunting/cutter
d. Lem
e. Double tip
f. Kertas kado
g. Kertas gabus
h. Papan tulis
i.
Spidol
j.
Kertas karton
k. Kain planel
l.
LKS
m. Lembar evaluasi
2. Sumber
Belajar :
a. Buku
paket Senang Belajar IPA untuk Sekolah Dasar Kelas IV,
Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b. Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas
IV, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
I. Penilaian
Prosedur
Penilaian :
Proses dan Post-Tes
Jenis
Penilaian : Tertulis
Bentuk
Penilaian : Soal pilihan
ganda dan essay
Alat
Penilaian :
1.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
2.Lembar Soal evaluasi
3.
Kunci Jawaban
4.
Kriteria Penilaian
Mengetahui
Dosen Pembimbing,
Drs. Asep Saepulrohman, M.Pd.
NIP. 196109091985031006
|
Tasikmalaya, Desember 2012
Praktikan,
Kelompok 5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar